Sembilan Mahasiswa Unbrah Ikuti Program PMM-DN 2021

Kegiatan Pelepasan dan Penerimaan Mahasiswa Program PMM-DN 2021 Unbrah.

Sebanyak sembilan orang mahasiswa Universitas Baiturrahmah dari Prodi Manajemen dan Kesehatan Masyarakat mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Dalam Negeri (DN) tahun 2021.

Kesembilan mahasiswa itu yakni Umi Safiah, Tiara Amelia, Bismil Tirta Jalisman, Zulvaniati, Muhibbul Fikri Arman, Sinta Ramadani dari Prodi Manajemen. Kemudian Suci Septria Asmi, Mutia Febrina dan Nadya Fadilla dari Prodi Kesehatan Masyarakat.

Kesembilan mahasiswa tersebut lolos program dan memilih Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai tujuan pengambilan mata kuliah.

Selain sembilan mahasiswa Unbrah yang dikirim ke kampus lain dan memilih mata kuliah di prodi lain. Terdapat sembilan orang mahasiswa yang akan ikut mata kuliah di Unbrah.

Rektor Unbrah dalam pembukaan.

Kesembilan mahasiswa itu yakni masing-masing empat orang dari Universitas Jember dengan prodi Ekonomi Syariah, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu Hubungan Internasional. Kemudian satu orang dari Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo, Akuntansi Universitas Galuh, Ilmu Komunikasi Universitas Garut, Farmasi dari Universitas Islam Bandung, dan Ilmu Komunikasi dari Universitas Islam Blitar.

Sesuai panduan PMM-DN baik mahasiswa yang masuk atau inbound dan keluar atau outbond dapat secara maksimal mengambil 24 SKS dalam satu semester di kampus tujuan. Namun 10 SKS wajib minimal diambil termasuk 2 SKS Modul nusantara.

Di samping program masuk dan keluar mahasiswa, terdapat program Mitra yang melibatkan staff pengajar di Universitas Baiturrahmah.

Dalam PMM-DN Unbrah ini terdapat 14 mahasiswa dari sembilan kampus yang akan mengambil mata kulian di Unbrah selama satu semester.

PIC PMM-DN Unbrah 2021.

Pada kegiatan pelepasan dan penerimaan mahasiswa program PMM-DN Unbrah yang diselenggarakan daring pada Rabu 15 September 2021, Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengapresiasi kegiatan dan mengatakan Program PMM-DN merupakan harapannya selama ini.

Menurut rektor saat menjadi rektor di Universitas Andalas, dirinya telah menggagas sistem seperti ini atau kredit transfer mahasiswa namun dengan jumlah dan ruang terbatas.

Dengan adanya PMM-DN ini mahasiswa akan membaur dengan mahasiswa kampus lain dan bila nantinya pandemi berakhir dan kuliah luring, juga akan mengenal budaya dan suasana di kampus lain tersebut.

Dalam kesempatan tersebut rektor meminta mahasiswa untuk serius mengikutinya dan menambah wawasan, ilmu, pengalaman serta dapat memperkuat Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu kegiatan pelepasan sendiri dimoderatori dosen Vokasi Sagita Yudha, M.Rad dan PIC PMM-DN Unbrah Sri Oktarina, SKM, MKM juga ikut menyampaikan kata sambutan pada kegiatan tersebut.

Hadir juga dosen pengampu serta mahasiswa peserta yang termasuk dalam program PMM-DN Unbrah 2021.

Sebagai tambahan perkuliahan program ini juga telah berlangsung pada Senin 13 September 2021 lalu secara daring.