Unbrah Gelar Kegiatan Orientasi Mahasiswa “Hasimaru” 2021 Tingkat Universitas Secara Daring

Civitas Akademika Pada Hasimaru 2021.

Universitas Baiturrahmah menggelar Kegiatan Orientasi Mahasiswa baru atau biasa disebut Hari Silaturahim Mahasiswa Baru (Hasimaru) 2021 secara dalam jaringan pada 8 hingga 11 September 2021.

Ketua Panitia Hasimaru 2021 Sri Mindayani, SKM, MKM menyebutkan Hasimaru Universitas dilaksanakan pada 8 hingga 9 September 2021 serta Hasimaru tingkat fakultas pada 10 hingga 11 September 2021.

Adapun tema dari Hasimaru Unbrah 2021 ini yakni Mahasiswa baru Unbrah 2021 siap menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berakhlakul karimah.

Pengurus Yayasan Pendidikan Baiturrahmah tengah memasangkan almamater kepada mahasiswa baru.

Dalam kegiatan Hasimaru ini diikuti oleh 930 mahasiswa baru Unbrah 2021 yang tersebar di 10 Program Studi dan 5 Fakultas, ditambah dengan mahasiswa Akper Baiturrahmah.

Presma Unbrah Adrian Rivaldi.

Khusus Kegiatan Hasimaru 2021 ini, seluruh mahasiswa masuk ke aplikasi ZOOM dengan mengikuti kegiatan mulai dari pembukaan Hasimaru Universitas pada 8 September 2021 oleh Rektor Unbrah, pengenalan civitas akademika, pengenalan sistem akademik oleh Wakil Rektor I, pengenalan sarana prasarana oleh Wakil Rektor II dan pengenalan kemahasiswaan oleh wakil rektor III.

Perwakilan Mahasiswa Baru Unbrah 2021.

Kemudian mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang dipimpin oleh BEM Universitas dan pada Hasimaru Fakultas oleh BEM fakultas.

Ketua juga menambahkan di samping menerima materi langsung dari civitas akademika kampus, mahasiswa baru juga mendapat materi dari Kepolisian seputar Tatib Lalin dan narkoba, dari BPJS terkait BPJS serta video dari BNPT tentang teroris dan Mendikbud ristek Nadiem Makarim.

Sedangkan untuk Hasimaru Fakultas akan bergantung pada ketetapan fakultas dan prodi masing-masing.

Hari Pertama
Pada pembukaan di hari pertama kegiatan juga dilaksanakan kegiatan penyerahan mahasiswa dari Wakil Rektor I kepada rektor, dan rektor kepada dekan seterusnya pemasangan jaket almamater oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dan Pengurus Yayasan Afdhal Amran, B.Bus, M.BA kepada perwakilan mahasiswa baru.

Penyerahan mahasiswa baru.

Kemudian pada kegiatan Hasimaru tingkat universitas di hari pertama ini juga dikenalkan semua pimpinan mulai dari tingkat universitas, fakultas, lembaga, prodi hingga organisasi kemahasiswaan.

Pada hari pertama ini juga terdapat penampilan bakat dari mahasiswa baru dan tenaga kependidikan Unbrah. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan bidang Akademik oleh Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc yang dilanjutkan dengan pemaparan bidang sarana prasarana serta keuangan oleh Wakil Rektor II Drs. Darman, M.Si, Akt. Kegiatan ini dipandu oleh Muhammad Rizky Saputra.

Rektor Unbrah saat menyampaikan sambutan.

Di sesi siang giliran panitia hasimaru tingkat mahasiswa yang melaksanakan kegiatan mulai dari penayangan video profil panitia hasimaru 2021, video penampilan bakat seni medley lagu dan tari nasional serta puisi.

Kemudian dilaksanakan pengenalan organisasi mahasiswa BEM yang ditandai dengan pidato singkat Presma Unbrah 2021 Adrian Rivaldi.

Penampilan bakat mahasiswa baru.

Sebagai penutup kegiatan di hari pertama ini dilakukan sharing session dengan menghadirkan salah satu pentolan BEM di Sumbar Fadly Rangga. Mahasiswa Universitas Negeri Padang ini membagikan pemikiran dan pengalamannya kepada mahasiswa baru terkait kehidupan kampus dan organisasinya.

Hari Kedua
Di hari kedua kegiatan Hasimaru tingkat universitas diawali dengan pemaparan materi bidang kemahasiswaan oleh Wakil Rektor III Unbrah Drs. Eka Trio Effandilus, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan terkait Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar oleh Wakil Rektor I Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc. Setelah itu dilakukan pemutaran video tentang materi teroris dari Kepala BNPT Pusat Boy Rafli Amar.

WR III tengah menyampaikan materi Kemahasiswaan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi BPJS oleh Perwakilan BPJS Padang secara daring. Setelah itu dilaksanakan pemaparan materi tentang Narkoba dan Tata Tertib Lalu lintas oleh Kepolisian Daerah Sumatera Barat.

Pada siangnya usai shalat Zuhur dilanjutkan dengan pemaparan tentang tata tertib kehidupan kampus oleh Wakil Rektor III.

Usai pemaparan inilah dipaparkan tentang pengenalan organisasi mahasiswa mulai dari KSR PMI, Unit Kegiatan Seni, Unit Kegiatan Olahraga, BEM dan DPM hingga UKMI Ar Rahman.

Di sela satu kegiatan dengan kegiatan lain ditampilkan video bakat dari mahasiswa semua fakultas. Di akhir kegiatan dilaksanakan pemaparan materi oleh influencer Padang Iqbal Haqiqie.

Penampilan bakat

Dalam hal ini Ketua Panitia menambahkan usai Hasimaru Universitas dilanjutkan dengan Hasimaru Fakultas yang tersebar di lima tempat yang berbeda.

Kelima tempat itu Fakultas Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat di Gedung Baru, FK di ruang Pleno Fakultas Kedokteran, FKG di Ruang OSCE FKG dan Fakultas Vokasi di Auditorium.

Secara keseluruhan kegiatan Hasimaru 2021 akan ditutup pada Sabtu 11 September 2021 di Ruang Auditorium.