LP3M Unbrah Laksanakan AMI Prodi Manajemen 2021

Penjelasan Kepala LP3M.

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) terhadap Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Unbrah pada 1 September hingga 2 September 2021 di Kampus Unbrah.

Kepala LP3M Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun Msc yang membuka kegiatan mengatakan AMI ini bukan bentuk penghakiman atau mencari kesalahan dari prodi namun lebih pada bentuk arahan terkait tujuan dan implementasinya.

Lebih lanjut kata Prof Novirman, pelaksanaan AMI ini juga mengacu pada sistem Audit Mutu Eksternal atau akreditasi.

Sistem re-akreditasi prodi dan institusi saat ini memiliki perbedaan dari sebelumnya karena terdiri atas tiga tahapan pemeriksaan.

Dekan Ekonomi.

Tentunya dengan adanya AMI, prodi atau institusi secara tidak langsung “dipaksa” untuk melengkapi segala bahan yang mengacu pada perkembangan prodi. Hal ini akan menguntungkan saat persiapan akreditasi.

Sebab jelang re-akreditasi prodi cukup melengkapi setiap kekurangan yang nantinya akan direkomendasikan oleh auditor pada AMI.

Dengan catatan semua bahan yang merupakan data informasi prodi juga telah diupload di Pangkalan Data Dikti agar peluang re-akreditasi cukup tahap pertama atau pemeriksaan berdasarkan pangkalan dapat terwujud.

Dalam AMI Manajemen ini sebut Kepala LP3M dilakukan oleh tiga orang auditor yakni Ira Suryanis, S.ST, M.Keb sebagai ketua, Putri Engla Pasalina, S.ST, M.Keb dan drg.Resa Ferdina, MARS.

Sementara itu Dekan Ekonomi Yefri Reswita, S.E, M.Si menyambut baik adanya AMI Manajemen tersebut karena bermanfaat dalam kontrol pelaksanaan sistem tridharma pendidikan tinggi di prodi.

Kepala Prodi Manajemen.

Bahkan dirinya justru menunggu-menunggu kehadiran auditor untuk mengaudit prodi yang ada di Fakultas Ekonomi.

Tujuannya agar civitas akademika di Ekonomi Unbrah lebih siap menghadapi re-akreditasi dan tanggap melengkapi setiap kekurangan yang ada.

Sementara itu Ketua tim Auditor Ira Suryanis, S.ST, M.Keb mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan auditor secara keseluruhan dengan sistem paralel di hari pertama, dan di hari kedua lebih pada wawancara dan pengumuman daftar tilik.

Hadir dalam kegiatan sejumlah pimpinan Fakultas Ekonomi, dosen ekonomi dan tenaga kependidikan.