Unbrah Jadi Pusat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2021 Sumbar

Foto bersama

Kampus Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menjadi pusat dari peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2021 yang diselenggarakan Pemprov Sumbar dan Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumbar pada Sabtu 3 Juli 2021.

Ketua LLI Sumbar Ali Asmar dalam pembukaan pada kegiatan di Auditorium Unbrah Aie Pacah pada Sabtu 3 Juli 2021 mengatakan alasan Unbrah dipilih karena Pemilik Unbrah yakni Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman dinilai konsisten dalam memfasilitasi pengembangan pembinaan masyarakat lansia, Seperti adanya Pusat Kajian Lansia Sumbar.

Dalam peringatan ini juga kata mantan Sekda Sumbar tersebut, Haji Amran memperoleh penghargaan dari Gubernur Sumbar bersama dua tokoh lain.

Ketua LLI Ali Asmar saat memberikan sambutan.

Selain melaksanakan kegiatan peringatan dan pemberian penghargaan, juga dilaksanakan vaksinasi kepada orang kelompok lansia.

Ali Asmar juga mengapresiasi atas dijadikan Unbrah sebagai pusat pelaksanaan peringatan yang pertama kali.

Senada itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S pada sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada LLI dan Gubernur Sumbar yang telah memilih Haji Amran Sutan Sidi Sulaiman sebagai tokoh penggerak Lansia serta memilih Unbrah sebagai pusat peringatan.

Dalam kesempatan tersebut Rektor mengatakan beberapa program studi di Unbrah juga fokus dalam pengembangan keilmuan terkait lansia. Mulai dari penelitian hingga pengabdian masyarakat.

Penyerahan penghargaan Lansia kepada Haji Amran yang diterima Wakil Rektor II Unbrah Drs. Darman, M.Si,Akt.

Bahkan visi dan misi Fakultas Kedokteran Unbrah yakni pada geriatri sebagai keilmuan yang mempelajari penyakit yang dialami kaum lanjut usia.

Secara keseluruhan baik Unbrah maupun Yayasan Pendidikan Baiturrahmah mendukung terwujudnya lansia yang sehat, produktif dan kontributif.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi, SP yang hadir secara daring pada kegiatan mengimbau kepada anak yang memiliki orang tua lanjut usia untuk dapat tinggal bersama satu rumah.

Meski menurut Gubernur telah tersedia panti, alangkah baiknya orang tua tinggal bersama dibanding di panti atau bahkan ditelantarkan.

Rektor Unbrah.

Dengan bahagianya orang tua tinggal bersama anaknya, ujar Mahyeldi akan memberikan semangat untuk terus berkarya dan kreativitas.

Dalam kegiatan tersebut juga tampil “seniman” handal namun telah berusia lanjut yang menampilkan tarian dan nyanyian.