IAKMI Sumbar Gandeng Unbrah Kerja Sama Penguatan Kesehatan Masyarakat dan Kukuhkan Kepengurusan Baru

Tandatangan MoU Unbrah dan IAKMI Sumbar.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sumbar menggandeng Universitas Baiturrahmah (Unbrah) bekerja sama dalam kajian penguatan bidang kesehatan masyarakat sekaligus mengukuhkan kepengurusan baru periode 2021-2024 pada Sabtu 3 April 2021.

Kegiatan pengukuhan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) ini dilaksanakan di Auditorium Unbrah Kampus Aie Pacah Padang.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua IAKMI Sumbar terpilih Nizwardi Azka, SKM, MM, PPM, MDM, M.Si dan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S. Sedangkan MoA ditandatangani oleh Ketua IAKMI dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unbrah Hary Budiman, SKM, MKM.

Pelantikan Kepengurusan IAKMI Sumbar.

Kegiatan ini disaksikan oleh Ketua IAKMI Pusat Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM dan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi, SKM, MKM dan jajaran pimpinan Unbrah.

Ketua IAKMI yang melantik kepengurusan baru dalam sambutannya mengapresiasi adanya kerja sama antara IAKMI Sumbar dan Unbrah. Harapan ke depannya akan dikaji lebih dalam persoalan kesehatan masyarakat di Sumbar.

Lebih lanjut kata dia, tujuan utama dari IAKMI sesuai dengan lirik dalam MARS nya yakni menyehatkan bangsa. Hal ini mengandung arti bahwa IAKMI tidak serta merta hanya terdiri atas ahli bidang kesehatan masyarakat saja dalam kinerjanya namun perlu menggandeng ahli bidang lain seperti dari pertanian.

Sebagai gambaran ahli pertanian semisal ahli pangan akan membantu penyediaan pangan yang sehat untuk tubuh. Tentu ini amat berkaitan erat dengan upaya menyehatkan bangsa tadi.

Senada itu Rektor Unbrah juga menyambut baik adanya kerja sama dengan IAKMI Sumbar karena dapat berkolaborasi dalam penelitian atau pengabdian masyarakat terkait kesehatan masyarakat khususnya di Sumbar.

Rektor Unbrah.

Selain itu dengan Unbrah yang fokus pada bidang kesehatan tentu akan banyak kegiatan lain yang dapat mengisi dari MoU dan MoA tersebut.

Terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini menjadi momen yang tepat untuk mewujudkan kolaborasi tersebut khususnya dalam upaya pencegahan dan penguatan persiapan tata kehidupan baru.

Sementara itu Ketua IAKMI Sumbar Nizwardi Azka mengatakan MoU dan MoA yang ditandatangani dengan Unbrah saat ini menjadi legalitas dari kerja sama yang telah dijalin cukup lama dan banyak antara kedua lembaga.

Selain melibatkan pengurus IAKMI yang berasal dari Unbrah, IAKMI Sumbar juga sering melakukan kegiatan bersama dengan Unbrah seperti seminar nasional, webinar saat pandemi, bakti sosial, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bahkan beberapa kali juga IAKMI Sumbar diberikan kesempatan menyelenggarakan kegiatan di Kampus Unbrah.

Untuk itu pada kesempatan ini kata dia, pihaknya memberikan penghargaan kepada Rektor Unbrah dan Ketua STIKes Syedza Saintika atas jasanya dalam pengembangan IAKMI Sumbar.

Kegiatan.

Sementara itu dalam pelantikan hadir sejumlah pengurus baru IAKMI Sumbar kemudian dilakukan pemberian penghargaan kepada Rektor Unbrah dan Ketua STIKes Syedza Saintika.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan foto bersama antara pengurus, dan pimpinan Unbrah.

Hadir juga beberapa ahli kesehatan masyarakat seperti Dekan FKM Unand Dr. Defriman Djafri beserta wakil dekan dan sejumlah perwakilan mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat di Padang.

Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan juga daring menggunakan aplikasi ZOOM.