LP3M Unbrah Laksanakan AMI Non Akademik Pertama

Foto bersama auditor dan yang diaudit.

Lembaga Pengembangan Pendidikan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) terhadap bidang Non Akademik yakni BAU, UPT Laboratorium, UPT Bahasa, dan UPT Agama di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Kampus Unbrah Aie Pacah Padang pada Jumat 26 Maret 2021.

Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc mengatakan dari semua kegiatan AMI yang telah dilaksanakan ini menjadi yang pertama di bidang Non Akademik.

Dalam Audit ini dilaksanakan oleh tiga orang Auditor yang diketuai oleh Yulianita, SS, M.Hum serta dengan anggota Ira Suryanis, S.ST, M.Keb dan Hendri Devita, SKM, M.Biomed.

Kepala LP3M Unbrah Prof. Novirman Jamarun.

Ketiga auditor ini kata Kepala LP3M bertugas melihat kesesuaian antara yang direncanakan oleh bidang serta realisasinya.

Banyak hal menurut Kepala LP3M kegiatan AMI ini yang sebelumnya dilaksanakan pada Prodi, Fakultas dan Bidang Akademik.

Tentunya di Bidang Bidang Administrasi dan Umum dan SDM akan amat membantu dalam penyusunan borang akreditasi. Baik itu terkait keuangan, administrasi, sarana prasarana, sumber daya manusia dan regulasi persuratan.

Selain memudahkan dalam penyusunan borang akreditasi, tujuan utamanya yakni membawa Unbrah menjadi kampus terkemuka di Sumbar dan LLDikti X.

Melalui perbaikan dari setiap kekurangan di bidang administrasi dan umum, laboratorium serta UPT lainnya secara perlahan juga akan menjadi faktor penunjang keberhasilan tersebut.

Kegiatan AMI.

Memang kemajuan ini mungkin tidak akan didapatkan pada generasi saat ini namun setidaknya melalui audit ini, generasi sekarang telah merintis ke arah itu.

Sebagaimana di Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Malang juga berawal dari kecil kemudian menjadi besar. Pendirinya sendiri bukanlah pengelola kampus saat ini.

“Bila dengan niat dan usaha Unbrah akan menjadi kampus terbaik di Sumbar bahkan Sumatera,” Ujar Prof Novirman.

Sementara itu Wakil Rektor II Drs. Darman, yang juga membuka kegiatan mewakili rektor bahwa kegiatan audit ini amat bermanfaat bagi bidang yang dipimpinnya.

Hasil Audit ini diharapkan dapat memperbaiki setiap kekurangan yang ada pada bidang dan UPT lainnya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 26 dan 27 Maret 2021.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala BAU , pegawai Bidang II, Kepala UPT Bahasa, Kepala UPT Agama, dan Kepala UPT Laboratorium.