Kajian Dhuha : Obat Ketenteraman Hati

Ustadz Samsul Bahri.

Universitas Baiturrahmah kembali melaksanakan Kajian Dhuha daring dengan narasumber H. Samsul Bahri, M.A pada Sabtu 20 Maret 2021.

Dalam kegiatan yang disiarkan lewat aplikasi ZOOM dan langsung lewat Channel Youtube Info Unbrah, Ustadz mengambil tema “Obat Ketenteraman Hati”.

Ustadz Samsul Bahri menyampaikan terdapat hal yang menjadi penyebab hati tidak tenteram yakni bersusah payah dan gelisah.

Menurut Ustadz “Alukah” atau “Kabad” yang berarti susah payah dan gelisah pada hiruk pikuk persoalan dunia sehingga mengganggu ibadah kepada Allah SWT.

Terlebih saat pandemi Covid-19 sekarang kegelisahan semakin meningkat terutama terkait informasi negatif dari peristiwa tersebut.

Hal ini juga sama ketika Rasulullah SAW merasa susah payah dan sedih saat ditinggalkan pamannya Abu Thalib yang meninggal.

Kajian dhuha daring.

Pada saat itu Allah menghibur Rasul dengan memberikan perjalanan Isra Miraj hingga menjemput perintah Shalat di Arsy Allah SWT.

Saat ini shalat menjadi obat ketenteraman hati tersebut, Rasulullah juga saat gelisah dan susah payah langsung berwudhu dan melaksanakan shalat.

Tentunya dalam shalat ini harus dilaksanakan sesuai rukunnya serta tumaninah atau tenang antara satu rukun dengan rukun lainnya.

Selain itu dengan pasrah, ikhlas dan karena Allah perlu dilakukan untuk mencapai shalat yang dapat dijadikan obat ketenteraman hati.

Dengan shalat yang khusyuk, pikiran akan segar selalu positif sehingga prasangka dan keluh kesah dapat dikurangi bahkan hilang.

Pembukaan.

Keutamaan Shalat inilah yang dapat memberikan ketenteraman hati yang implikasinya mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh ratusan mahasiswa baru masuk pada 2020 lalu, pimpinan, dosen dan tendik di Universitas Baiturrahmah.