Pesantren de Muttaqin Lakukan Kunjungan Ke Yayasan Pendidikan Baiturrahmah

Foto bersama saat kunjungan.

Rombongan Pesantren yatim de Muttaqin Sleman Yogyakarta melakukan kunjungan ke Kediaman Pimpinan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah H.Amran Sutan Sidi Sulaiman dan Hj Maizarnis di Jalan Pattimura Padang pada Sabtu 20 Maret 2021.

Rombongan ini dipimpin oleh Buya Ike Muttaqin dan puluhan anak pesantren termasuk juara Hafiz Internasional Kamil dan Ahmad atau sering disebut “google nya Al Quran”.

Rombongan pesantren de Muttaqin.

Dalam kunjungannya Kamil, Ahmad dan rekan-rekannya diuji kemampuan dalam menghafal Al Quran mulai dari menyambung ayat, menebak arti ayat, menebak letak surat dan ayat, hingga menerjemahkan Al Quran ke tafsir berbahasa Inggris.

Bukan hanya Kamil dan Ahmad yang memang telah memiliki prestasi di nasional dan internasional, santri cilik berusia lima tahun juga Uwais menampilkan kehebatannya dalam menghafal ayat dan menyambung ayat dalam Al Quran.

Penampilan santri.

Di samping penampilan santri, Buya Ike Muttaqin yang asli Tanah Datar Sumbar juga membagikan tips menjadi Hafiz Quran kepada keluarga Haji Amran dan rekan-rekan yang hadir pada pertemuan itu.

Dalam pemaparannya pertama kali adalah ada kemauan untuk menjadi penghafal Quran, kemudian khusus bagi anak-anak belum baligh perlu diberikan motivasi agar mau menghafal Al Quran.

Penyerahan infak.

Kemudian bersungguh-sungguh, menyingkirkan musuh pengganggu seperti handphone atau kegiatan yang melalaikan lainnya. Terpenting lagi rajin mengulang-ulang bacaan bahkan sampai 70 kali.

Terakhir khusus bagi yang telah akil baligh yakni selalu ikhlas kepada Allah untuk menghafal. Selain itu dalam membina dan mengajarkan anak kecil kata buya tidaklah mudah butuh pendekatan personal yang intensif, secara sabar dan disiplin.

Buya Ike Muttaqin bersama santri.

Akan tetapi secara keseluruhan paling penting untuk menghafal Al Quran dan menjaganya yakni mengurangi bahkan menghilangkan perbuatan maksiat.

Sebab kata buya, seorang hafiz akan rusak hafalannya bila mulai lalai pada Akhirat dan mementingkan dunia.

Di akhir kunjungan semua santri yang ikut melafalkan secara Tartil surat Al Baqarah ayat 1 hingga 19 yang ditutup oleh doa bersama oleh Kepala BAU Unbrah Jemkhairil, M.Ag. Dan kemudian Yayasan Pendidikan Baiturrahmah melalui Hj Maizarnis menyerahkan infak kepada Buya Ike Muttaqin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr. Ir. rer. nat.Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc dan Wakil Rektor III Drs. Eka Trio Effandilus, M.Si.