Program Studi Radiologi Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah (Unbrah) bekerja sama dengan PP Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) dan Pengda PARI Sumbar menggelar kegiatan webinar sebagai acara peringatan Dies Natalis Ke-15 yang jatuh pada 30 Januari 2021 lalu.

Ketua Panitia Kegiatan yang juga Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Oktavia Puspita Sari, Dipl. Rad, S.Si , M.Kes mengatakan kegiatan ini bagian dari rangkaian dies natalis. Selain webinar ada Lomba Poster yang diikuti oleh pendidikan Radiografer seluruh Indonesia dan Lomba Video tentang pemeriksaan menggunakan sinar X atau CT Scan.

Tampilan webinar di komputer.

Khusus untuk webinar ini kata Ketua Panitia mengambil tema “Pemanfaatan CT Cardiac Pada Penyakit Degeneratif dan Diseminasi Kode Etik Radiografer”. Dari tema tersebut terbagi atas lima materi yang disampaikan lima narasumber juga.

Materi pertama disampaikan oleh dr. Habibie Arifianto, SpJP (K), M.Kes, FIHA tentang “Indikasi dan Basic Knowledge MSCT Coronary Artery pada penyakit jantung koroner”. Kemudian materi kedua oleh Irfan Rivai, S.ST dengan judul “Prosedur pemeriksaan MSCT Coronary artery pada pasien dengan penyakit jantung koroner”.

Materi ketiga disampaikan oleh Dr. dr. Rusli Mulyadi , Sp.Rad (K) dengan pemaparan tentang “Interpretasi MSCT Coronary artery dalam penegakkan diagnosa penyakit jantung koroner”. Kemudian materi keempat disampaikan oleh Dr. Leni Aziyus Fitri, M.Si dengan judul “Klasifikasi Otomatis citra CT Scan”. Terakhir disampaikan oleh Iwan Heryawan, S.Si.T dengan judul Diseminasi Kode Etik Radiografer.

Penyerahan nasi tumpeng dari dekan Vokasi kepada panitia dies natalis Radiologi Unbrah.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Vokasi Unbrah Prof. Dr. apt. Amri Bakhtiar, MS. DESS dan Ketua PP PARI Dr. H. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc (MRI).

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa Prodi Radiologi Unbrah telah berusia remaja karena berumur 15 tahun semenjak berdiri 30 Januari 2006. Selama itu juga kata dekan Radiologi Unbrah telah menghasilkan 772 lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia ada yang menjadi Radiografer, PNS, dosen dan perwira TNI.

Ke depan dekan berharap Prodi Radiologi dapat terus mengembangkan keilmuan dan meningkatkan kualitasnya. Sebagai gambaran tahun ini akan diupayakan peningkatan jenjang pendidikan dari D3 menjadi D4 Sarjana Terapan Radiologi. Saat ini tambah dekan Radiologi Unbrah telah mencapai akreditasi B.


Sambutan Dekan Vokasi.

“Selamat dies natalis Radiologi dan berharap semakin maju” ujar Dekan.

 

Senada itu Ketua PP PARI Dr. H. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc (MRI). menyampaikan apresiasi kepada Radiologi Unbrah yang tengah merayakan Dies Natalis.

Dalam kesempatan tersebut Ketua juga menekankan kepada peserta webinar yang rata-rata merupakan Radiografer untuk menjaga kesehatan. Meskipun katanya, telah dilaksanakan vaksinasi kepada nakes dan radiografer tetap saja mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sebab pandemi masih terjadi.

Selain itu Ketua juga menyampaikan beberapa dukungan PARI dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 seperti support dalam bentuk bantuan bagi warga terdampak Covid-19 dan santunan kepada korban atau nakes yang terpapar Covid-19.

Sebagai simbol perayaan dies natalis ke 15 Radiologi Unbrah dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh dekan Vokasi, Ketua Pengda PARI Sumbar, dan Ketua Panitia kegiatan. Pemotongan ini secara virtual disaksikan oleh peserta Webinar yang mencapai 300 orang lebih.

Webinar.

Selain itu dilaksanakan juga penyerahan kontribusi gedung sekretariat kepada PARI Pusat dari Pengda Sumbar secara virtual yang diberikan oleh Ketua Panitia kepada Ketua PP PARI.

Meski dilaksanakan secara virtual sebagian anggota PARI hadir di Kampus Unbrah dengan menggunakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Foto bersama offline.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan foto bersama secara offline di Kampus Unbrah dan online atau daring dengan ratusan peserta melalui ZOOM Meeting.