Unbrah Hadirkan Zukri Saad Bagikan Ilmu Kepada Mahasiswa

Kuliah bersama Zukri Saad.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menghadirkan salah satu tokoh asal Sumatera Barat Zukri Saad dalam kegiatan Seminar Daring dan kuliah umum kewirausahaan guna membagikan ilmu kepada mahasiswa pada Sabtu 30 Januari 2021 lewat Aplikasi ZOOM.

Zukri Saad sendiri dihadirkan Unbrah langsung di Kampus Aie Pacah sebagai narasumber yang dipandu oleh moderator dosen Kewirausahaan Unbrah Mya Yuwanita, S.E, M.M.

Kegiatan ini dibuka oleh sambutan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang menyampaikan bahwa Zukri Saad bukan tokoh sembarangan karena memiliki jiwa idealis tersendiri.

Rektor menyebutkan, dirinya bersama Zukri Saad pernah membuat media bernama Mimbar Minang, bedanya Rektor di Koperasi dan Zukri Saad di bagian redaksi.

Setelah itu selain jadi wartawan, Zukri Saad merupakan salah satu konsultan lingkungan dunia, bahkan telah melakukan perjalanan ke 79 negara di dunia. Bukan hanya itu setamat kuliah di ITB, Zukri Saad bahkan membakar semua ijazah sekolahnya dan memilih terjun ke berbagai bidang.

Dengan hadirnya Zukri Saad sebagai narasumber diharapkan memberikan penguatan kepada mahasiswa khususnya dalam meningkatkan kompetensinya. Sebab Zukri Saad adalah tokoh yang menjunjung tinggi kualitas dan kuantitas suatu kompetensi.

Rektor Unbrah.

Sementara itu dalam pemaparannya Zukri Saad yang kerap disapa Wan membagikan hampir semua pengalamannya kepada peserta seminar yang bukan hanya dari Unbrah namun juga dari kampus lain.

Penulis 41 buku tersebut selalu menekankan pentingnya diri sendiri sebagai modal utama dalam membangun kehidupan, dengan catatan dalam pengembangannya dilakukan kerja sama.

Wan Zukri juga menegaskan pentingnya teman sebagai langkah pengembangan diri ke depan. Menurutnya mahasiswa perlu membangun jejaring yang kuat agar sukses di masa depan.

Dalam webinar yang bertajuk ” Menggapi Rembulan, Langkah Aksi Menjemput Masa Depan” Zukri menyampaikan tiga kunci penting untuk menyiapkan kesuksesan di masa depan.

Ketiga kunci tersebut yakni human relational skill, social communication skill dan leadership qualification. Humas relational skill mengacu pada kemampuan dalam bergaul serta menjalin pertemanan.

Sedangkan social communication skill bagaimana memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, berbahasa dan mengembangkan itu untuk menjalin hubungan.

Terakhir leadership qualification yakni upaya memanajemen diri sendiri untuk terdepan dalam mengatasi persoalan sekaligus menjadi pemimpin dalam mengarahkan pada suatu kesuksesan.

Terpenting kata Wan Zukri, mahasiswa perlu memiliki mindset atau sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan atau “out of the box” lalu berani mengembangkan hal tersebut.

Kuliah umum daring bersama Zukri Saad.

Dalam kesempatan tersebut juga Wan Zukri menyinggung terkait dunia kewirausahaan yang menurutnya dapat dilakukan hanya di halaman saja.

Artinya dengan menggali potensi yang ada dalam diri atau sekitarnya juga dapat berlanjut pada kesuksesan.

“Bila gagal, maka coba lagi, gagal, coba lagi hingga seperti Thomas Alva Edison yang berhasil setelah coba 1000 lampu,” kata Zukri.

Selain itu tambah Zukri di zaman sekarang penguasaan teknologi informasi wajib dilakukan termasuk penggunaan bahasa asing agar dapat merambah secara global

Di akhir webinar Zukri menyampaikan kalimat pamungkas “Masa depan dan kesuksesan ditentukan oleh kemampuan diri mengorganisir kepribadiannya”.

Kegiatan ini dihadiri lebih 500 orang yang hadir di ZOOM, bukan hanya mahasiswa dan civitas akademika Unbrah namun juga dari kampus lain di luar Unbrah dan Sumbar.

Di akhir kegiatan dilaksanakan tanya jawab antara peserta webinar dengan Zukri Saad.