Unbrah Gelar Hasimaru Fakultas Serentak Secara Daring

Hasimaru Daring

Universitas Baiturrahmah menggelar kegiatan orientasi dan pengenalan lingkungan untuk mahasiswa baru atau Hari Silaturahim Mahasiswa Baru (Hasimaru) 2020 tingkat fakultas serentak secara dalam jaringan pada Jumat 18 September 2020.

Kelima fakultas yakni Kedokteran, Ekonomi, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, dan Vokasi melaksanakan Hasimaru daring dengan perantara platform ZOOM.

Sama seperti pelaksanaan Hasimaru tingkat universitas sehari sebelumnya, kegiatan tingkat fakultas juga terbagi atas luar jaringan dan dalam jaringan.

Luar jaringan yakni dosen, pimpinan dan perwakilan organisasi mahasiswa per fakultas hadir di suatu ruangan, sedangkan mahasiswa baru mengikuti dari rumah masing-masing menggunakan ZOOM.

Pelaksanaan Hasimaru Daring ini juga disesuaikan dengan kesepakatan yang ada di fakultas masing-masing. Seperti di Kedokteran seperti Hasimaru biasanya menyertakan orang tua untuk mengikuti pemaparan dari pimpinan fakultas yang kemudian nantinya dapat bertanya di akhir pemaparan.

Sedangkan di Fakultas Vokasi, mahasiswa baru menggunakan atribut topi dan nama serta asal daerah. Manfaatnya agar civitas akademika lainnya mudah mengenal dengan segera mahasiswa baru.

Secara keseluruhan kegiatan di semua fakultas tidak berbeda jauh dari tingkat Universitas seperti pemutaran Video Indonesia Raya, Mars Unbrah dan Video Profil Fakultas.

Kemudian ada pemaparan presentasi dari Dekan, Wakil Dekan hingga Pimpinan Prodi masing-masing fakultas. Terakhir barulah dilaksanakan kegiatan Hasimaru oleh panitia dari mahasiswa.

Kegiatan Hasimaru Fakultas ini akan berlanjut pada Sabtu 19 September 2020 terkait proses pembelajaran daring, selanjutnya 26 September dan Oktober dengan Kuliah Umum daring.

Rektor Unand Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang melakukan pemantauan bersama Wakil Rektor III Amrullah, SE, M.Si mengapresiasi kegiatan Hasimaru Universitas dan Fakultas dan berharap mahasiswa mengikutinya secara disiplin.