Unbrah Akan Gelar Orientasi Mahasiswa Baru Secara Daring pada 17-18 September 2020

Universitas Baiturrahmah akan menggelar Orientasi mahasiswa baru yang dikemas dalam kegiatan Hasimaru secara daring pada 17 hingga 18 September 2020 melalui platform Zoom.

Ketua Panitia Hasimaru 2020 dr. Rhandyka Rafli, So.OknRad mengatakan kegiatan orientasi kali ini jelas berbeda dari tahun sebelumnya karena Pandemi Covid-19.

Dengan sistem dalam jaringan tentu penyiapan secara teknologi lebih dikedepankan. Dalam hal ini Unbrah telah membentuk tim khusus yang juga dibuat berbeda.

Mulai dari penanggung jawab Informasi dan Teknologi hingga penyediaan konten secara daring.

Sehingga nantinya seremonial Hasimaru yang biasa diadakan di Kampus Unbrah juga dapat dinikmati mahasiswa baru 2020 meski dari rumah.

Catatannya Hasimaru tingkat Universitas akan diselenggarakan pada Kamis 17 September 2020. Sedangkan Hasimaru tingkat fakultas pada Jumat 18 September 2020.

Wakil Rektor III Unbrah Amrullah, S.E, M.Si mengatakan Hasimaru tetap dilaksanakan karena memungkinkan diselenggarakan secara daring namun dua kegiatan orientasi lainnya tidak.

Kedua kegiatan lainnya itu yakni Pembinaan Mental, Fisik dan Disiplin (Bintalfisdis) dan Holistiq Spiritual Qurani (HSQ). Kedua kegiatan itu bukan dihilangkan melainkan ditunda hingga waktu yang memungkinkan dilaksanakan usai pandemi berakhir.

Hasimaru ini kata WRIII penting karena mahasiswa belum bisa datang langsung ke kampus dan kuliah pun untuk semester gasal 2020/2021 dilaksanakan secara daring. Sehingga nantinya saat datang ke kampus tidak kaget dan dapat mengenal pimpinan pusat, pimpinan kampus, prodi dan dosennya.

Dalam Hasimaru juga mahasiswa akan diperlihatkan lokasi perkuliahan, jurusan, laboratorium, perpustakaan, hingga masjid Baiturrahmah. Selain itu juga akan ditampilkan pengenalan organisasi mahasiswa yang ada di kampus yang nantinya bisa dipilih mahasiswa baru.

“Kami berharap Hasimaru yang berbeda ini juga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman lebih kepada mahasiswa baru terkait kampus Unbrah,” ujarnya.