BKGN 2020 Unbrah Hadirkan Konsultasi dan Edukasi Daring Terkait Gigi dan Mulut

Kegiatan room meeting pembukaan BKGN 2020.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah Tahun 2020 menghadirkan kegiatan konsultasi dan edukasi secara dalam jaringan terkait persoalan dan pemeriksaan gigi dan mulut pada 16 hingga 18 November 2020.

Hal ini disampaikan oleh Dekan FKG Unbrah drg. Citra Lestari, MDSc, Sp-Perio dalam pembukaan yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi ZOOM Senin 16 November 2020.

Menurut Dekan kegiatan ini rutinnya diselenggarakan secara langsung dengan menghadirkan masyarakat kemudian dokter gigi melakukan penyuluhan dan pemeriksaan gratis terkait penyakit gigi dan mulut.

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang menyerang menyebabkan kegiatan di lapangan perlu dibatasi sehingga dengan sistem dalam jaringan ini menjadi solusi efektif agar BKGN 2020 tetap berjalan.

Sementara itu Ketua BKGN FKG Unbrah 2020 drg. Sri Pandu Utami, M.Si menambahkan kegiatan edukasi daring dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui webinar daring. Sedangkan konsultasi dilakukan dengan mengundang masyarakat untuk berkonsultasi terkait persoalan gigi dan mulut dengan dokter.

BKGN 2020.

“Nantinya melalui aplikasi Whats App atau dinamakan Telemetri Dentistry, masyarakat dapat menjalin komunikasi dengan dokter gigi yang dapat menjadi bahan sebelum pemeriksaan langsung bila nantinya pandemi berakhir,” ujar drg.Sri Pandu Utami.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan melibatkan lebih dari 30 dokter gigi yang akan membantu dalam hal konsultasi masyarakat.

Sama seperti gelaran sebelumnya kegiatan ini juga didukung oleh PT Unilever, PDGI, dan Civitas Akademik FKG Unbrah.

Tentunya dalam pelaksanaannya tetap menggunakan prinsip pada protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga Jarak dan mencuci tangan.

Sementara itu Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc mengatakan pola kegiatan daring menjadi solusi efektif pada masa pandemi saat ini yang belum jelas akhirnya,

Terlebih untuk konsultasi dan edukasi seputar persoalan gigi dan mulut yang dinilai vital bagi manusia. Untuk itu diharapkan solidaritas bersama untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Perwakilan Unilever drg. Ratu Mirah Afifah

Sedangkan perwakilan Unilever drg. Ratu Mirah Afifah menyambut baik pelaksanaan BKGN di FKG Unbrah meski masa pandemi Covid-19.

Dalam hal ini pihaknya tetap akan mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan meski pada tahun ini digelar dengan sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Terpenting kata dia tujuannya tetap sama membantu masyarakat dalam pemeliharaan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Senada itu Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan kegiatan untuk kepentingan kesehatan masyarakat masih dapat dilaksakan meski belum jelasnya pandemi Covid-19 berakhir.

Dengan catatan bila nantinya harus berkomunikasi langsung dengan masyarakat, tetap menerapkan pola 3 M tersebut dan menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini kata dia juga bagian dari sumbangsih masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Sebab saat ini Kota Padang tengah berupaya mengejar zonasi hijau agar aktivitas dapat dilaksanakan dengan lancar kembali.

Usai menyampaikan sambutannya, Hendri Septa langsung membuka kegiatan yang ditandai dengan bunyi sirine dan pemutaran video BKGN 2020.

Kegiatan ini juga dihadiri di ZOOM , Pimpinan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, Wakil Rektor I, II Unbrah, dokter gigi di Unbrah, Direktur RSGM Unbrah dan mahasiswa FKG serta alumni FKG Unbrah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *