Termasuk Universitas Baiturrahmah, Empat Kampus Lokasi Lomba MTQ Nasional 2020

Logo Resmi MTQ Nasional 2020.Panitia dari Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional mempersiapkan empat kampus di Kota Padang, Sumbar sebagai tempat penyelenggaraan lomba yang akan berlangsung pada 12 hingga 21 November 2020.

Dilansir dari Panitia MTQ Nasional, empat kampus yakni Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (Unand), Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol dan Universitas Baiturrahmah (Unbrah) akan dijadikan tempat dari beberapa cabang.

Pertama, GOR 2 UNP yang terletak di jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Di tempat tersebut akan diselenggarakan lomba Khat Hiasan dan Khat Kotemporer. Kemudian GOR 1 UNP yang terletak tidak jauh dari GOR 2 akan diselenggarakan lomba Khat Naskah dan Khat Dekorasi. Terakhir di Auditorium UNP akan diselenggarakan lomba Fahmil Quran.

Kedua, Gedung PKM Unand yang terletak di Universitas Andalas Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang.

Di tempat tersebut akan diselenggarakan lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Ketiga, Aula Mansur Datuk Basa UIN Imam Bonjol yang terletak di jalan Prof Mahmud Yunus Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pada tempat tersebut akan diselenggarakan lomba Hifzil 5 Juz dan Tilawah dan Hifzil 20 Juz. Masih di tempat yang sama tepatnya
Gedung Serba Guna UIN Imam Bonjol akan digelar lomba Syahril Quran.

Keempat, Auditorium Universitas Baiturrahmah yang terletak di Jalan Raya Bypass Aia Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pada tempat tersebut akan diselenggarakan lomba Hifzil 1 Juz Tilawah dan Hifzil 10 Juz.

Untuk memudahkan dalam keterlibatan kampus tersebut pihak panitia mengikut sertakan beberapa staf di empat kampus tersebut menjadi penyelenggara.

Direncanakan Dibuka Presiden Secara Virtual dan Dihadiri Menag RI
Sementara itu kegiatan MTQ Nasional direncanakan dibuka Presiden RI Joko Widodo secara virtual dan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI Fachrul Rozi pada 13 November 2020 di Stadion Utama Sumatera Barat di Sikabu, Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Berdasarkan data Kemenag RI jumlah peserta yang ikut pada MTQ Nasional 2020 ini sebanyak 1.476 peserta yang terdiri atas Kafilah dari 32 provinsi. Ke 32 Provinsi tersebut yakni Aceh (54 kafilah), Sumatera Utara (53) Sumatera Barat (54), Riau (54), Kepulauan Riau (54), dan Jambi (51). Kemudian Bengkulu (35), Sumatera Selatan (29), Kepulauan Bangka Belitung (47), Lampung (27), Banten (54), dan DKI Jakarta (53).

Jawa Barat 54 peserta, Jawa Tengah 50 peserta, Jawa Timur 54 Peserta, Kalimantan Barat 49 peserta, Kalimantan Tengah 44 peserta, Kalimantan Selatan 49 peserta, Kalimantan Timur 54 Peserta, Kalimantan Utara 51 peserta, dan Bali 16 peserta

Selanjutnya, Nusa Tenggara Barat (24), Sulawesi Selatan (54), Sulawesi Barat (49) Sulawesi Tengah (54) Sulawesi Tenggara (51), Sulawesi Utara (41), Gorontalo (43), Maluku (45) Maluku Utara (41), Papua (35), dan Papua Barat (53).

Kegiatan dua tahunan ini memasuki episode ke 28 di Sumbar, terakhir di Sumatera Utara pada 2018 atau MTQ Nasional 27, Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum.

Pada MTQ kali ini dua kegiatan penyemarak yakni Pawai Taaruf dan Bazaar ditiadakan karena mengingat Pandemi Covid-19. Sebab kedua kegiatan tersebut disinyalir dapat mengundang kerumunan massa.

Nantinya kegiatan MTQ ini akan dipusatkan di Padang dengan melibatkan empat kampus seperti yang di atas serta gedung dan masjid. Antara lain Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak di jalan Khatib Sulaiman Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara Kota Padang.

Di lokasi ini akan diselenggarakan lomba Tilawah Dewasa, Tilawah Sabah Mujawwad Dewasa.

Masjid Darul Hujjah Asrama Haji yang terletak di Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Di lokasi ini akan diselenggarakan lomba Hifzil 5 Juz dan Tilawah dan Hifzil 20 Juz.

Masjid Agung Nurul Iman yang terletak di Belakang Pd Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Di lokasi ini akan diselenggarakan lomba Qiraat Murattal Remaja dan Qiraat Muratal Dewasa.

Gedung Wanita Rohana Kudus yang terletak di jalan Rimbo Kaluang No.52A Kelurahan Rimbo Kaluang Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Di lokasi ini akan diselenggarakan lomba Tartil Al Quran dan Tilawah Cacat Netra.

Masjid Al Hakim yang terletak di Jl. Nipah Kelurahan Berok Nipah Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Di lokasi ini akan diselenggarakan lomba Tartil Al Quran dan Tilawah Cacat Netra.

Jadwal Tentatif
Dari jadwal yang disebutkan panitia, kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 13 November 2020 dengan catatan para kafilah telah hadir di Padang pada 11 dan 12 November 2020.

Kemudian pada 14 November akan dilakukan pelantikan dan persiapan dewan juri. Barulah pada 15 November 2020 akan dimulai hari pertama babak penyisihan lomba yang akan diakhiri atau masuk babak final pada 19 November 2020.

Pelaksanaan penutupan akan diselenggarakan pada 20 November 2020 dan estimasi kepulangan peserta pada 21 November 2020.

Khusus untuk kegiatan ini panitia menyiapkan 17 penginapan atau hotel yang tersebar di Kota Padang. ketujuh belas hotel itu yakni Basko Hotel, Mercure, Pangeran Beach, Hotel Bumi Minang, Grand Inna Muara, Grand Zuri, Rocky Plaza Hotel, The Axana, Ibis Hotel, Pangeran City, Hotel Whiz, Fave Hotel, Rangkayo Basa, HW, Daima, Amaris, dan Hotel Padang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *