Rektor : Menjaga Pohon Sama Dengan Menjaga Keseimbangan Alam

Rektor Unbrah.

Pembangunan infrastruktur yang intensif di segala sektor memaksa penggunaan lahan  semakin besar. Kegiatan pembangunan ini tentu merubah lingkungan, dimana beragam jenis pohon terpaksa ditebang untuk memenuhi kebutuhan pembangunan tersebut. Sebagian hutan  dibangun menjadi perkebunan, perumahan dan infrastruktur jalan.

Perubahan ini menjadi sebuah dilematis, di satu sisi populasi manusia yang terus meningkat memaksa pembukaan lahan dan hutan untuk kebutuhan pembangunan berbagai sektor. Di sisi lain keberadaan pohon atau tumbuhan untuk menunjang kesehatan manusia juga cukup penting. Ketidakseimbangan ini yang menimbulkan  kerugian seperti bencana banjir dan longsor,  udara tercemar dan kerusakan lahan lahan lainnya.

Meski menjadi sebuah dilema, tidak sedikit juga masyarakat yang sadar akan pentingnya keberadaan pohon dalam kehidupan. Pada perkembangannya mulai dari kelompok masyarakat, perusahaan hingga instansi pemerintahan berlomba-lomba mengupayakan penghijauan dengan melaksanakan kegiatan penanaman satu juta pohon.

Bila dilihat upaya ini sudah bersifat berkelanjutan dan diperuntukkan untuk masa depan.  Sekarang bagaimana menjaga keberadaan pohon yang sudah ditanam agar tumbuh dengan baik.

Pentingnya menjaga dan mempertahankan keberadaan pohon karena beberapa alasan yakni
1.Pohon melalui fotosintesis  menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen.
2.Pohon khususnya di daerah hutan memiliki kemampuan menyerap air, dapat mencegah run off air  di dataran tinggi yang berpotensi menimbulkan banjir dan longsor.
3.Pohon menjadi pelindung dan habitat makhluk hidup lainnya termasuk manusia
4.Pohon menjadi sumber kebutuhan pokok manusia mulai dari  makanan, bahan, hingga pakaian

Kata kuncinya menjaga pohon sama dengan menjaga  keseimbangan kehidupan.

Kami dari Universitas Baiturrahmah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Baiturrahmah mengajak seluruh civitas akademika di kampus dan masyarakat lainnya untuk bersama menjaga keberadaan pohon di lingkungan. Dengan peringatan hari Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati setiap 10 Januari menjadikan motivasi sekaligus pengingat untuk mencintai dan menyayangi pohon.

Sebagai bentuk komitmen universitas dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,  kami akan melaksanakan beberapa kegiatan aksi peduli lingkungan. Salah satunya dalam rangka Dies Natalis ke-25 (Lustrum V) di awal Maret 2019, seluruh  dosen & tenaga kependidikan Unbrah akan mengadakan Green Action. Kegiatan ini bekerja sama dgn Green Tourism Institute dalam aksi penanaman Terumbu Karang & Mangrove di sepanjang Pantai Gandoriah Pariaman.

Diharapkan ini menjadi modal di masa depan untuk mempertahankan kehidupan secara berkelanjutan.

Rektor Universitas Baiturrahmah
(Prof. Dr. Ir Musliar Kasim, MS)

 

what do face masks do opposed to exfoliators, coronavirus infection, how to style a surgical mask, black and white photo of cartoon man with face shield on, what type of respirator do you wear for chemical gas, native american false face masks, craft face masks, amazon full face shield, rhinestone face mask, how to remove sheet face mask, diy dry face mask, paquete de1o rc 203 cartridges half gas paint filters antipoison respirator mask, what are surfonics used for n95, msa respirator mask disc, double tube full face snorkel mask, air dust mask beard, n95 mask in kenya, 3m charcoal filter respirator, respirator aircraft painting, side effects of charcoal face mask, full mask grinder respirator, 3m 8512 n95 dust mask, surgical mask dispensers, high flow surgical mask, comfortable triangle face mask, sellstrom face shield 380 series, face mask for dry skin and blackheads, how to make different types of face masks, doc mcstuffins surgical mask, why wear gloves while cleaning a respirator, surgical mask dangling, cold weather hunting face mask, niosh approved air purifying organic cartridge respirator, coronavirus data, allergy running mask, darth vader face mask, pink new asian face masks, 3m half mask project, precaution n95 mask, n95 mask hardhat, kids reusable dust mask, spling face shield gloves, what to put on my face after sea kelp mask, where can i buy face mask sheets, 3m dust mask filters p95, best korean face masks for whitening, what face mask did they use in american psycho, soda jungle secret level, natural face masks for acne scars,