Rektor Unbrah Lantik Enam Pejabat Struktural Baru

Rektor Unbrah Melantik Enam Pejabat Struktural, Kamis 27 Agustus 2020.


Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S melantik enam pejabat struktural masa bakti 2020-2024 yang dilaksanakan di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Padang pada hari Kamis 27 Agustus 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Keenam pejabat itu akan memegang jabatan yakni Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Wakil Direktur Pelayanan Medik Rumah Sakit Gigi dan Mulut, dan Wakil Direktur Keuangan dan Umum Rumah Sakit Gigi dan Mulut.
Untuk Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dijabat oleh drg. Abu Bakar, M.Med.Ed, Ph.D menggantikan pejabat sebelumnya Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes. Sedangkan Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes menempati jabatan baru sebagai Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Unbrah.
Kemudian untuk Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dijabat oleh Ir. Nofri Edi yang menggantikan pejabat sebelumnya Drs. Ali Umar, MM. Kemudian Noviardi Prima Putra, M.Kom kembali dilantik menjadi Kepala Pusat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (PTIK) Unbrah.
Sementara Wakil Direktur Pelayanan Medik Rumah Sakit Gigi dan Mulut akan kembali dijabat oleh drg. Andreas Pascawinata, MDSc, Sp.BM dan Wakil Direktur Keuangan dan Umum Rumah Sakit Gigi dan Mulut dijabat oleh drg. Intan Batura Endo Mahata, MM.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Muslair Kasim, M.S.


Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan pengangkatan enam pejabat ini sebagai langkah mengantisipasi perkembangan kemajuan dunia serta persaingan yang ketat di dunia pendidikan tinggi.
Selain itu dengan adanya perubahan tatanan hidup semenjak pandemi Covid-19 menyerang dunia tentunya perlu juga ada penyegaran dalam hal kebijakan dalam kampus.
Satu bidang baru yang diresmikan pada pelantikan ini yakni Biro Humas dan Kerja Sama atau bidang empat. Biro ini menjadi cikal bakal pembentukkan Wakil Rektor IV bidang kerja sama.
Tantangannya ke depan yakni bagaimana meningkatkan intensitas kerja sama dengan berbagai instansi. Pejabat yang dilantik saat ini kata Rektor cukup memiliki kapasitas untuk memangku tanggung jawab tersebut. Terlebih pejabat tersebut memiliki keunggulan dalam hal lobi dan peluang menarik investasi. Di depan ada tantangan kampus merdeka yang tentu membutuhkan peranan kerja sama dalam pengembangan institusi.
Kemudian untuk Kepala LPPM akan menjadi tantangan dalam meningkatkan intensitas penelitian dosen serta memperkuat kualitas publikasi atau jurnalnya. Sejauh ini capaian sebelumnnya LPPM Unbrah mengalami peningkatan dari klaster binaan menjadi madya. Ke depan dengan pimpinan baru dapat menggugah dan memotivasi dosen membuat banyak inovasi penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penadatanganan SK Rektor tentang penangkatan pejabat strutural.


Terlebih pejabat ini memiliki prestasi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat saat melaksanakan pendidikan lanjutan di Taiwan. Dengan peningkatan intensitas penelitian ini dapat mendukung peningkatan Jabatan Fungsional dosen mulai dari Asisten Ahli hingga guru besar.
Kemudian terkait Kepala LPTIK akan mendapat tantangan baru yakni pembelajaran secara daring karena pandemi Covid-19 tentu kesiapan teknologi dan informasi juga harus ditingkatkan.
Sedangkan untuk Kepala BAAK ini menjadi promosi pertama dari tenaga kependidikan ke Kepala Biro. Tentunya tantangan ke depan adalah persaingan di dunia pendidikan tinggi.
Sementara bagi wakil direktur RSGM yang masih memangku jabatan yang sama dengan sebelumnya namun tantangan ke depan bersama direktur RSGM yakni memperoleh akreditasi paripurna agar dapat membuka pendidikan spesialis Dokter Gigi.
Secara keseluruhan eksistensi kinerja jabatan ini dapat ikut mewujudkan visi kampus yakni Universitas unggul dan terkemuka di tingkat nasional yang menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berketerampilan baik dan berakhlakul karimah.
Sementara itu kegiatan pelantikan ini diakhiri dengan foto bersama dan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik.