PT Sinergi Finlandia Indonesia Kunjungi Unbrah Tawarkan Beasiswa Luar Negeri

Sesi Foto Bersama Usai Kunjungan PT Sinergi Finlandia Indonesia , Sabtu 15 Agustus ,2020.


PT Sinergi Finlandia Indonesiamelakukan kunjungan ke Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang pada Sabtu 15 Agustus 2020 sekaligus memberikan kesempatan kepada civitas akademika untuk melanjutkan studi ke negara yang beribukota Helsinki itu.
PT Sinergi Indonesia Finlandia hadir langsung dengan CEO Devi Rizal yang juga merupakan orang Minangkabau, bersama perwakilan dari PT.
Dalam pemaparannya di depan Civitas Akademika Unbrah yang langsung dipimpin oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S , Devi Rizal mengatakan beragam keuntungan menimba atau melanjutkan studi di Finlandia.
Menurutnya terdapat empat Universitas yang representatif yakni University of Eastern Finland (UEF), the University of Tampere, the University of Turku, dan the Abo Akademi University.

CEO PT Sinergi Finlandia Indoensia Devi Rizal.


Keempat universitas tersebut menawarkan beragam program studi yang dapat dipilih mulai dari sosial hingga kesehatan. Walaupun begitu kata Rizal banyak keuntungan yang didapat bila berkuliah di Finlandia.
Pertama katanya ada subsidi oleh kampus untuk keperluan mahasiswa mulai dari tempat tinggal, tempat makan dan transportasi. Kedua adanya dukungan penuh dari pemerintah terhadap kampus dan dunia pendidikan. Ketiga lokasi kampus yang nyaman dan strategis.
Bukan hanya itu bagi program doktor, dapat masuk kapan saja tanpa ada periode tertentu. Selain itu untuk urusan masuknya hanya perlu persyaratan bahasa Inggris seperti dibuktikan lewat nilai TOEFL sebesar 550, IELTS dan lainnya.
Di samping itu bagi program doktoral juga terdapat profesor yang mencari peneliti ahli dan kemudian ikut dibayar. Artinya tidak hanya kuliah saja, namun mahasiswa bisa dibayar juga atas jasa membantu peneliti. Selain itu kampus juga mendukung setiap penelitian yang dilakukan mahasiswa dalam pengembangan di negara asalnya.
Bagi peminat bidang teknologi, kuliah di Finlandia akan mendapat dukungan penuh dalam hal bidang itu sebab negara tersebut menjadi salah satu pemilik start up terbanyak di dunia.
Saat ini kata Devi Rizal yang juga ketua PPI di Finlandia, peminat mahasiswa Indonesia kuliah di Finlandia belum banyak. Ada kemungkinan faktor cuaca seperti delapan bulan salju menjadi salah satu penyebabnya.
Untuk itu dia berharap ke depan akan bertambah lagi mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu ke Finlandia salah satunya di Unbrah.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S


Senada Devi, Rektor Unbrah juga berharap ada civitas akademika khususnya dosen yang akan melanjutkan ke Program Doktoral dapat mengambil kesempatan ikut tes di kampus Finlandia.
Menurut Rektor, kuliah di Finlandia tetaplah bergengsi karena ada beberapa kampus yang kualitasnya sudah mendunia. Terlebih untuk urusan pendidikan menengah dan dasar, Finlandia disebut sebagai pengelola terbaik pendidikan jenjang tersebut.
Selain dapat kesempatan kuliah , Rektor juga berharap Sinergi Finlandia Indonesia dapat menginisiasi kerja sama antara Unbrah dengan kampus di Finlandi seperti penelitian atau penguatan sumber daya.
Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor I, II, dan III Unbrah, pimpinan fakultas dan prodi, dan tenaga kependidikan.
Di akhir sesi University of Eastern Finland (UEF), dilaksanakan tanya jawab antara pemateri dengan audience dalam kegiatan tersebut.